[PRODUCT] MONEV REKAP

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Product Competition yang bersifat berkelompok dan kolaborasi dari Stream Front End, Back End, React Native dan UI UX & PM. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh student dari 4 stream yang terlibat.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping Digital Talent Ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent Front End, Back End, React Native dan UI UX & PM yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Setiap kelompok akan diberikan satu use case yang berbeda oleh panitia untuk dikembangkan menjadi suatu aplikasi berbasis web dan mobile. Team Mokap mendapatkan use case monitoring dan evaluasi recapitulation yang dimana aplikasi ini digunakan untuk proses monev yang mencatat target dan pencapaian tim Amoeba pada setiap sesi monev dan menjadi dashboard manajemen untuk melihat performansi Amoeba. 

Latar Belakang Use Case
Berikut latar belakang terkait use case di atas:

  1. Proses monev yang kurang efisien.
  2. Platform monev yang terlalu banyak dan tidak terintegrasi.
  3. Belum ada platform real-time yang dapat memberikan informasi terupdate hasil monev.

Proses Kompetisi
Berikut proses Product Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case yang sudah diberikan.
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi.
  3. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non-technical dengan juri Top Management.
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Memudahkan pengelolaan inovasi startup (internal TG-Program Amoeba) dalam proses monitoring dan evaluasi yang berfokus pada pengelolaan innovation cost, pengukuran innovation strategy, dan prediksi potential value of innovation funnel.
  2. Melakukan pengukuran terkait efektivitas dan efisiensi progress inovasi serta dapat dimonetisasi kepada pengelolaan inovasi korporasi (e.g. BIMA)

Output Projek
Adapun output yang dihasilkan adalah MOKAP RECAP berbasis Web dan Aplikasi.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang oleh team Mokap: Monev Deck

Berikut Team dari Mokap:

1036 views

Athoners Talent

ang - Div TReg 1 -

Alit Dian S Bandung | Back End

- Div Telkom Regional III - Access OM & Partnership - Off 3 Access OM & Partnership

- Div Telkom Regional V - Witel Surabaya Utara - Head Of Representative Office Bambe

- PT. Sigma Cipta Caraka - COE Group 1 - Programmer COE Group 1

- Div Information Technology - Digital Life & Collaboration Devt - Off 2 Digital Life &a

- Div Telkom Regional I - Witel Sumsel - Asman Project Delivery & Supervisor

- Div Telkom Regional V - Witel Surabaya Utara - Account Manager

- Div Telkom Regional III - Witel Sukabumi - Head Of Representative Office Ciranjang -

Ilfan Magelang | React Native

- Div Telkom Regional IV - Witel Magelang - Off 2 Mainttenance & Data Management -

- Div Telkom Regional I - OM DC & DEFA - Off 2 OM DC & DEFA

- Div Telkom Regional VII - Witel Sulsel Barat - Head of Representative Office Sengkang

- Div Wholesale Service - Managed Service Capacity Planning - Off 3 Managed Service Capacity