[PRODUCT] SCRUM DASHBOARD

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Deep Learning Competition yang bersifat berkelompok dan wajib diikuti seluruh student Deep Learning Telkom Athon.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent deep learning yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case

Setiap kelompok akan diberikan satu use case yang berbeda oleh panitia untuk dikembangkan menjadi suatu aplikasi berbasis web dan mobile. Team Scum Think mengangkat use case Scrum Dashboard, dimana aplikasi ini digunakan sebagai visual board yang powerfull untuk pengembangan sebuah produk dan menampung seluruh OKR, hingga ke pelaksanaan scrum event seperti daily scrum, sprint planning, review dan retro. Menu dan fitur dari scrum think ini nantinya bisa di custom dengan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai kebutuhan user.

Latar Belakang Use Case
Berikut latar belakang terkait use case di atas:

  1. Team sulit dalam melakukan kolaborasi khususnya dalam mengerjakan project menggunakan metode agile (Srum).
  2. Sulitnya untuk monitoring dari progress pada project yang dikerjakan oleh developer internal maupun external.
  3. Board amoeba yang ada sekarang belum colorful dan cenderung warna nya kaku.
  4. Tools yang ada saat ini belum mampu untuk mengetahui progress dan schedule harian dari masing2 member.

Proses Kompetisi
Berikut proses Product Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case yang sudah diberikan
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  3. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non-technical dengan juri Top Management
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Memudahkan Team dalam melakukan kolaborasi khususnya dalam mengerjakan project menggunakan metode Agile (Scrum).
  2. memungkinkan sebuah tim dalam mengambil keputusan secara cepat, kualitas dan juga prediksi yang baik dan dapat dimonetisasi ke BUMN, perusahaan lain ataupun organisasi lain

Output Projek
Adapun output yang dihasilkan adalah SCRUM DASHBOARD berbasis Web dan Aplikasi.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang oleh team Indirise: Scumthinkdeck

Berikut Team dari Scrumthink:

927 views

Athoners Talent

Christian Charisma Z Pematang Sianta | Front End

- Div Telkom Regional I - Witel Sumut - Off 3 Consumer Assurance

- Div Telkom Regional V - Witel Surabaya Selatan - Off 2 BS OBL

Dwi Nurul C Balikpapan | React Native

- Div Telkom Regional VI - Assurance - Off 2 AccessAssurance -

- Dit Consumer - Tariff, Product & Quality Assurance - Off 2 Quality & Data Support -

- Dit Consumer - Selfcare & Digital Interaction Off 2 Operation Social Media Interaction

- Div Telkom Regional VI - Witel Samarinda - Asman Human Capital

- Div Telkom Regional VI - Witel Kalteng - Head of Representative Office Kasongan

Mohammad Andreanov Pematang Siantar | Front End

- Div Telkom Regional - Witel Sumut - Off 3 Wholesale Assurance

- Div Telkom Regional VII - Witel Maluku - Off 2 Maintenance & Data MGT -

- Div Telkom Regional II - Wireless Operation - Off 2 Wireless Operation

- Div Telkom Regional VI - Witel Kaltara - Asman BGES Fulfillment & Assurance