[DEEP LEARNING] INDIRISE

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Deep Learning Competition yang bersifat berkelompok dan wajib diikuti seluruh student Deep Learning Telkom Athon.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent deep learning yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Deep Learning competition ini bersifat kelompok, dengan membaginya menjadi 5 kelompok dari total 15 peserta batch #3. Masing-masing kelompok wajib mengajukan use case yang berbeda dan diambil berdasarkan pain problem atau real use case yang ditemukan di lingkungan unitnya masing-masing di Telkom Indonesia. 

Team Indirise mengangkat use case Customer Churn Prediction yang merupakan prediksi churn pelanggan telco untuk memberikan pelayanan terbaik yang bertujuan untuk memprediksi jumlah churn dari IndiHome setiap periodenya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah churn (naik atau turun) sehingga dapat meningkatkan customer experience . 

Background Use Case
Berikut background terkait use case di atas:

  1. Trend connectivity diprediksi menurun pada tahun 2024
  2. Pertumbuhan Indihome diprediksi melambat
  3. Salah satu program Quick WIn Indihome 2022 adalah Combat the Churn
  4. Salah satu main program Telkom 2022: Deliver the best quality of services with excellent customer experience
  5. Belum tersedianya IT Tool untuk memprediksi chirn dari customer Indihome

Proses Kompetisi
Berikut proses Deep Learning Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case sesuai yang diajukkan
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  3. Top 3 melakukan [itching atau showcase dengan parameter penilaian non technical dengan juri Top Management
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Objective Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Memprediksi jumlah churn dari Indihome setiap periodenya
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah churn (naik atau turun) sehingga dapat meningkatkan customer experience.

Output Project
Adapun output yang dihasilkan adalah API Churn Prediction for Telco Customer.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang oleh team Indirise: indirisedeck

Breikut Team dari Indirise:

558 views

Athoners Talent

- Div Enterprise Service - Account Team Management - Off 3 Account Team Planning & Perform

- Div Telkom Regional V - Witel Pasuruan - Off 3 OM IP Network & Service Node

- Div Service Operation - Service Operation - Off 2 DCN-SN Operation, Config & Integra