[DEEP LEARNING] OASIS

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Deep Learning Competition yang bersifat berkelompok dan wajib diikuti seluruh student Deep Learning Telkom Athon.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent deep learning yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Deep Learning competition ini bersifat kelompok, dengan membaginya menjadi 5 kelompok dari total 15 peserta batch #3. Masing-masing kelompok wajib mengajukan use case yang berbeda dan diambil berdasarkan pain problem atau real use case yang ditemukan di lingkungan unitnya masing-masing di Telkom Indonesia. 

Team OASIS mengangkat use case OASIS atau (Object Detection API Solution for Indihome Smart) yang merupakan sebuah API yang dapat mendeteksi objek beserta aktivitasnya dan memberikan notifikasi kepada user sehingga user tidak perlu terus menerus memperhatikan cctv. Indihome smart merupakan salah satu product digital Telkom Group yang membuat pelanggan dapat melakukan fungsi home surveillance melalui smartphone/gadget dengan menerapkan teknologi IoT (Internet of Thing). 

Background Use Case
Berikut background terkait use case di atas:

  1. Menurunkan tingkat pencurian yang semakin meningkat setiap tahunnya
  2. Menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan kurangnya pengawasan secara digital

Proses Kompetisi
Berikut proses Deep Learning Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case sesuai yang diajukkan
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  3. Top 3 melakukan [itching atau showcase dengan parameter penilaian non technical dengan juri Top Management
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Objective Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Membuat pelanggan dapat melakukan fungsi home surveillance melalui smartphone/gadget dengan menerapkan teknologi IoT (Internet of Things)
  2. Peningkatan ARPU Indihome dari Rp270.000 pada Q2 menjadi Rp274.000 pada Q3 dipengaruhi oleh pendapatan add on yang tumbuh dengan pesat
  3. Belum ada unique feature yang dapat memberikan benefit lebih, untuk meningkatkan nilai jual dimata pelanggan.

Output Project
OASIS atau (Object Detection API Solution for Indihome Smart) dengan Top 3 action recognition detection:

  1. Walking
  2. Vehicle moving
  3. Carrying

Adapun Top 3 object detection:

  1. Person
  2. Car
  3. Bicycle

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang oleh team OASIS: oasisdeck

Beikut Team dari OASIS:

582 views

Athoners Talent

- Div Telkom Regional II - Witel Tangerang - Off 2 Planning Design & Instansi Rel

- Div Telkom Regional V - Access New FTTH & Modernization DEPL - Off 3 Project Data MGT &

- Divisi Telkom Regional II - Witel Bekasi - Head of Representative Office Bt Gebang