[PRODUCT] TELKOM LANCER

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Product Competition yang bersifat berkelompok dan kolaborasi dari Stream Front End, Back End, React Native dan UI UX & PM. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh student dari 4 stream yang terlibat.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent Front End, Back End, React Native, UI UX & PM yang dapat berkontribusi pada setiap existing project di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Setiap kelompok akan diberikan satu use case yang berbeda oleh panitia untuk dikembangkan menjadi suatu aplikasi berbasis web dan mobile. Team Telkom Lancer mendapatkan use case Marketplace internal Telkom yang dimana aplikasi ini menampung Marketplace Technical Skill vs Project (Ex: market place bagi freelancer, tapi ini untuk karyawan Telkom)

Latar Belakang Use Case
Saat ini Telkom Athon melahirkan berbagai talent dengan berbagai skill yang dibutuhkan di lapangan serta banyaknya project di Telkom tang kekurangan talent. Aplikasi ini hadir untuk saling memenuhi kebutuhan baik bagi project owner dan juga talent.

Proses Kompetisi
Berikut proses Product Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case yang sudah diberikan
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  3. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non technical dengan juri Top Management
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Menghubungkan penyedia project dengan talent yang memiliki kompetensi sesuai.
  2. Memudahkan penyedia project mencari resource atau talent yang sesuai.
  3. Reduce cost pengelolaan project dengan me-utilize kompetensi employee.
  4. Mengetahui impactfull talent yang terlibat dalam suatu project

Output Project
Adapun output yang dihasilkan adalah TELKOM LANCER adalah suatu Marketplace internal Telkom yang berbasis Web dan Aplikasi.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang: telkomlancerdeck

Berikut Team dari Telkom Lancer:

961 views

Athoners Talent

Aaron Hani K Balikpapan | Blockchain

- Div Telkom Regional VI - Billing & Payment Collection (EBIS) - OFF 1 Customer Payment C

Adika Eka P Pamekasan | UI/UX & PM

- Div Telkom Regional V - Witel Madura - OFF 2 Partnership & Agency -

- Div Telkom Regional I - Witel Medan - Off 3 Wholesale Fulfillment -

- Dit Strategic Portofolio - Subdit Synergy - Off 2 Synergy Integration

- PT. Sigma Cipta Caraka - COE Group 1 - Programmer COE Group 1

- Div Enterprise Service - Enterprise Offering - MGR Offering

- Div Telkom Regional V - DC & DEFA Operation - OFF 2 DC & DEFA Operation

- Div Telkom Regional VI - Witel Samarinda - Asman Human Capital

Lely Firda A Semarang | UI dan UX

- Div Telkom Regional IV - Witel Semarang - Off 2 War Room & Risk MGT -

Minto Rahadi Balikpapan | React Native

- Div Telkom Regional VI - Customer Relationship Management - MGR Customer Relationship Manage

- Div Telkom Regional V - Witel Singaraja - Off 2 Optima & Quality Enhancement