[PRODUCT] A LIBRARY

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Product Competition yang bersifat berkelompok dan kolaborasi dari Stream Front End, Back End, React Native dan UI UX & PM. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh student dari 4 stream yang terlibat.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent Front End, Back End, React Native, UI UX & PM yang dapat berkontribusi pada setiap existing project di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Setiap kelompok akan diberikan satu use case yang berbeda oleh panitia untuk dikembangkan menjadi suatu aplikasi berbasis web dan mobile. Team A Library mendapatkan use case Knowledge Management System yang dimana aplikasi ini digunakan untuk manajemen knowledge, platform dan standarisasi yang tersentralisasi dengan multi library category, multi section dan multi content.

Latar Belakang Use Case
Belum adanya platform yang mampu menampung seluruh standarisasi dan share knowledge. Hal ini menyulitkan Amoeba yang mendapati adanya perubahan standarisasi setiap ada pergantian program atau batch yang dijalankan PDA.

Proses Kompetisi
Berikut proses Product Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case yang sudah diberikan
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  3. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non technical dengan juri Top Management
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Memudahkan pengelolaan pengetahuan yang terstruktur dan terpusat untuk AMA dan Karyawan Telkom Amoeba. 
  2. Membuat Knowledge Management System sebagai strategi untuk mengelola pengetahuan secara terstruktur dan efektif dalam menyimpan, mencari, dan berbagi pengetahuan untuk seluruh Amoeba.

Output Project
Adapun output yang dihasilkan adalah A Library suatu Knowledge Management System yang berbasis Web dan Aplikasi.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang: alibrarydeck

Berikut Team dari A Library:

939 views

Athoners Talent

- Div Telkom Regional VI - Witel Kalteng - Asman BGES Sales Engineer & Bidding MGT

Achmad Danu F Pekalongan | UI/UX & PM

- Div Telkom Regional IV - Witel Pekalongan - OFF 2 Maintenance & Data Management -

- Div Telkom Regional VI - Performance & War Room - OFF 2 Command Control Management -

- SSO Finance Center - OFF 2 Billing & Payment Application System - Billing & Payment

Dwi Nurul C Balikpapan | React Native

- Div Telkom Regional VI - Assurance - Off 2 AccessAssurance -

Mutia Tri R Palembang | UI/UX & PM

- Div Telkom Regional I - Witel Sumsel - Off 2 Access Maintenance & QE Plan

- Div Telkom Regional V - Witel Madiun - Asman BGES Fulfillment & Assurance

- Probis Fixed Mobile Convergence TG - Migration Strategy - Off 2 Migration Strategy

Yogy Prakoso Jakarta |

- Dit Telkom Group - PT. Sigma Cipta Caraka