[PRODUCT] SOLVER

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Product Competition yang bersifat berkelompok dan kolaborasi dari Stream Front End, Back End, React Native, dan UI UX & PM. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh student dari 4 stream yang terlibat.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping Digital Talent Ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent Front End, Back End, React Native, dan UI UX & PM yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Setiap kelompok akan diberikan satu use case yang berbeda oleh panitia untuk dikembangkan menjadi suatu aplikasi berbasis web dan mobile. Team Solver mendapatkan use case Helpdesk Management System yang dimana aplikasi ini bisa multi company, multi department, multi division / unit, multi event / project.

Latar Belakang Use Case
Belum adanya platform yang mampu menampung seluruh pertanyaan yang membuat Telkomers kebingungan terkait project atau produk yang dikelola oleh program Digital Amoeba.

Proses Kompetisi
Berikut proses Product Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case yang sudah diberikan.
  2. Seluruh kelompok (5 kelompok) melakukan pitching dengan dengan penilaian parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi.
  3. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non-technical dengan juri Top Management.
  4. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari pengangkatan use case ini diantaranya:

  1. Meningkatkan produktivitas dari proses penyelesaian masalah atau insiden dari Product Owner.
  2. Meningkatkan kepuasan dari customer dengan memberikan solusi secara cepat dari masalah atau insiden yang mereka alami.
  3. Membuat single point communication system antar customer atau user dengan Product Owner secara seamless.
  4. Request atau pertanyaan dari user atau customer dapat didelegasikan secara otomatis kepada Product Owner yang berperan sebagai penanggung jawab

Output Projek
Adapun output yang dihasilkan adalah SOLVER suatu Helpdesk System yang berbasis Web dan Aplikasi.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck yang telah dirancang oleh tim Solver: solverdeck

Berikut Team dari Solver:

1684 views

Athoners Talent

- Dit Digital Business - Digital Business Parenting - Off 2 Business Development Support -

- Div Telkom Regional II - Witel Jakbar - Off 2 Daval & Inventory MGT Plan & RVW -

- Div Information Technology - Resource & Inventory MGT Development - Off 1 Resource &

- Div Telkom Regional II - Witel Bekasi - Head of Representative Office Pekayon

- Div Telkom Regional V - Witel Madura - Off 2 Optima & Quality Enhancement -

Majidi Tarakan | React Native

- Div Telkom Regional VI - Witel Kaltara - Asman Network PERF, QM & Admin

- Div Telkom Regional I - Witel Bengkulu - Off 2 Consumer Fulfillment

- Div Digital Connectivity Service - Performance & Quality MGT - Off 1 Performance Manageme

- Dit Consumer Service

- PT. Telkom Data Ekosistem - DC Managed Service Area 1 - Junior Engineer DC Managed Service Ar

- Div Telkom Regional VI - Witel Balikpapan - Asman Daval & Inventory MGT Supervisory