[BLOCKCHAIN] MTROOM

Halo Sobat Athon!

Telkom Athon adalah program yang mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade Digital Skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C; (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition/Challenge) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan Digital Talent bagi perusahaan. Salah satu kompetisi pada kegiatan ini yakni Blockchain Competition yang bersifat berkelompok dan wajib diikuti seluruh student Blockchain Telkom Athon.

Tujuan Kompetisi
Tujuan dari kompetisi ini diantaranya:

  1. Untuk melakukan mapping digital talent ready bagi seluruh peserta Telkom Athon.
  2. Untuk mengevaluasi keilmuan peserta atas pembelajaran yang sudah diberikan selama program berlangsung. 
  3. Untuk melahirkan talent Blockchain yang dapat berkontribusi pada setiap project eksisting di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Deskripsi Use Case
Blockchain competition ini bersifat individu dan masing-masing peserta wajib mengajukan use case yang berbeda dan diambil berdasarkan pain problem atau real use case yang ditemukan di lingkungan unitnya masing-masing di Telkom Indonesia. 

Salah satu use case yang diangkat adalah Mtroom atau Meeting Room Reservation yang merupakan project berbasis teks, digunakan untuk permohonan pemesanan ruang rapat di seluruh gedung perkantoran Telkom. Menggunakan Haskell sebagai bahasa pemrograman utama, cabal sebagai sistem untuk membangun dan mengemas program perpustakaan. Visual Studio Code sebagai editor kode dan proyek build & debugging. 

Latar Belakang Use Case
Use case ini berangkat dari banyaknya gedung-gedung yang dimiliki Telkom Indonesia yang tersebar dari Regional 1-7 namun pengelolaan ruang meetingnya belum sempurna sehingga kadang terjadi bentrokan dari setiap unit atau event yang akan dilangsungkan. 

Proses Kompetisi
Berikut proses Deep Learning Competition:

  1. Peserta mengerjakan use case sesuai yang diajukkan
  2. Dipilih Top 10 dengan ideasi terbaik.
  3. Top 10 melakukan pitching dengan parameter penilaian secara technical dan dihasilkan Top 3 dengan nilai tertinggi
  4. Top 3 melakukan pitching atau showcase dengan parameter penilaian non technical dengan juri Top Management
  5. Juara 1-3 diumumkan pada kegiatan Celebration dan Closing Telkom Athon.

Tujuan Use Case
Adapun tujuan dari project ini diantaranya:

  1. Pengelolaan sistem booking ruangan yang tertib.
  2. Penggunaan dan pemanfaatan ruangan sehingga tidak idle.

Output Project
Output dari project ini adalah MtRoom dengan bahasa Haskell.

Contoh Output Kompetisi
Berikut ini merupakan link deck Tiang Kita: mtroomdeck

Brikut Profile dari Gisca Tamara:

454 views

Athoners Talent

- Div Information Technology - SDN Cloud & Data Center Operation - Off 2 Cloud Computing